8 Cara Didik Anak Hidup Bersih

KAMAR kamar tidur tidak ber-AC, bisakah Anda tidur nyenyak di dalamnya? Udara panas membuat Anda sulit memejamkan mata. Lantas, apa saja hal-hal yang bisa menjaga Anda tetap melek?

Ahli tidur Dr Ian Smith dari Papworth Hospital di Cambridge mengatakan alasan mata sulit merem kalau udara sekitar sedang panas.

“Menjelang tidur, bagian dari mekanisme alami membuat suhu tubuh kita menurun mendekati suhu hangat. Namun udara panas malam hari membuat tubuh perlu waktu lebih lama untuk membuatnya hangat," paparnya, seperti dikutip The Sun.

Dr Smith merekomendasikan penggunaan tirai di kamar tidur yang bisa ditutup pada siang maupun malam hari, sehingga ruangan tidak terlalu panas. Juga, biarkan jendela terbuka di malam hari saat memakai kipas angin.

"Jika Anda menggunakan kipas angin, jangan lupa untuk membiarkan jendela terbuka. Berjaga-jaga jika udara di dalam kamar tidak bisa bersikulasi dan panas motor kipas angin hanya akan menambah panas ruangan,” tambahnya.

"Langkah sederhana lainnya seperti menggunakan selimut berwarna cerah, juga penting," katanya.

Dr Smith juga menyarankan Anda untuk merasakan sinar matahari di pagi hari.

"Hal ini membantu menjaga ‘jam tubuh’ Anda tetap sinkron dan memastikan Anda mengantuk menjelang malam. Jika Anda sulit mengantuk pada malam hari, pastikan Anda terhindar dari sinar matahari menjelang akhir hari. Sebab, cahaya terang menunda tubuh untuk memproduksi hormon tidur, yakni hormon melatonin."

Juga, buat kamar tidur Anda segelap mungkin, terutama kamar anak-anak.

"Banyak anak-anak pergi tidur ketika (kamar tidurnya) masih terang. Akan butuh ekstra keras bagi mereka untuk tidur dalam keadaan panas. Jadi, pastikan kamar tidur mereka sejuk dan gunakan cahaya seminim mungkin," imbuh Dr Smith.

Dan, jangan biarkan tubuh berkeringat menjelang tidur. "Anda harus menghindari olahraga setelah pukul enam sore, karena akan meningkatkan suhu tubuh. Sebaiknya, latihan di gym pada pagi daripada malam hari," ujarnya.

Dr Smith juga merekomendasikan mandi atau berendam dengan air dingin sebelum Anda pergi tidur. Kemudian, tinggalkan aktivitas yang berhubungan dengan komputer ataupun telepon seluler. Dr Smith mengatakan, cahaya biru yang dilepaskan dari layar komputer atau telepon dapat mengurangi tingkat melatonin, sehingga sulit bagi kita untuk tidur.

"Jangan minum kafein setelah tengah hari," tukasnya.

Ia mengingatkan, kafein tidak hanya terdapat dalam teh, tapi juga cokelat dan banyak minuman ringan lainnya.

"Alkohol juga harus dihindari. Alkohol sering dianggap bisa membuat Anda cepat tidur, tetapi sebenarnya membangunkan Anda di tengah malam," tukasnya.(ftr) (Okezone.com)

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Didik Anak Hidup Bersih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel