5 Tips Menghadapi Siswa malas di kelas

https://prakarya.guruindonesia.id/
5 Tips Menghadapi Siswa malas di kelas
prakarya.guruindonesia.id - Guru merupakan pendidik yang memiliki tanggung jawab untuk mengajar di sekolah, tentunya seorang guru akan menemui rintangan ketika berhadapan dengan berbabagai karakter siswa terutama salah satunya siswa yang malas belajar. Apabila sudah begitu, seorang guru harus sudah siap menghadapi permasalahan tersebut ?

melihat dari sudut pandang kami sebagai seorang manusia yang normal, mengahadapi permasalahan siswa yang malas belajar adalah sesuatu yang wajar dan manusiawi selagi kemalasan tersebut tidak mempengaruhi terhadap kehidupan siswa bersangkutan secara keseluruhan. Karena persaaan malas adalah sebuah perasaan yang sangat wajar, dan itu bisa dialami serta dimiliki oleh semua orang.
Faktor yang bisa membuat kemalasan adalah pengaruh dari hal-hal negatif ketika manusia sudah menjadikan rasa malas sebagai pola atau kebiasaan dan tujuan hidup, yang dianggap menjadi kebiasan sehari-hari guna menyelesaikan siswa yang malas belajar, maka seorang guru di tuntut untuk mengidentifikasi jenis kemalasan atau masalah yang sedang dihadapi oleh para siswa maupun siswi.

Untuk membantu mempermudah mengkategorikan kemalasan siswa dalam proses  belajar tersebut, berikut ini 5 tips mengatasi siswa yang malas belajar :
A. Malas Belajar Karena Sudah Bawaan
Jika sikap malas sudah terpatri dalam diri setiap manusia, maka sebelum menghakimi apa dan faktor penyebab kemalasan siswa sebaiknya seorang guru terlebih dahulu menyadari bahwa sebagai manusia tentunya memiliki sifat dan sikap yang sangat yang berpotensi rasa kemalasan., Maka denngan menyadari hal ini, seorang guru bisa menghindari mengeluarkan pernyataan negatif dan prasangka buruk yang justru akan menurunkan reputasinya di sekolah dikarenakan menuduh peserta didik menjadi malas karena faktor-faktor non bawaan. Jika peserta didik yang malas belajar di kelas karena faktor bawaan bisa disebut sebagai sebuah hal yang lumrah, dan bisa dengan mudah diatasi serta bisa di ubah menjadi lebih baik jika anda sebagai guru bisa memberikan bimbingan yang komprehensif.

B. Malas Belajar Karena Faktor Eksternal
Salah satu foktor yang mempengaruhi siswa malam adalah soal waktu di luar sekolah, karena tidak semua siswa memiliki waktu yang cukup di luar sekolah. Bisa dipastikan kita sering  menemukan ada banyak siswa di luar sana yang memiliki kesibukan tertentu, misalnya seorang peserta didik yang harus berjualan sekaligus menjadi tulang punggung keluarga. Melihat kondisi tersebut di atas akan menimbulkan dua jenis motivasi yang bertentangan, bisa membuat siswa menjadi malas belajar atau menjadi lebih semangat untuk menuntut ilmu. Salah satu faktor psikologis dan kesadaran masing-masing peserta didik, yang berada dalam kondisi seperti itu akan menentukan semangat dan tidaknya dia dalam mengahadipi proses belajar mengajar dikelas.

Sebagai guru, disarankan untuk terus memberikan beragam dukungan dan motivasi agar siswa yang berada dalam kondisi demikian bisa mendapatkan lebih banyak semangat untuk terus mencari ilmu. Sehingga kita sudah mengetahui dua klasifikasi kemalasan siswa dalam belajar. Apa yang perlu dilakukan oleh seorang guru untuk mengatasi permasalahan tersebut ?

1. Sajikan Pola Mengajar Yang Menyenangkan di Setiap Jam Pelajaran
Percaya atau tidak, pola mengajar seorang guru dapat mempengaruhi situasi dan kondisi di kelas apakah dapat membagun sekaligus mengubur semangat belajar peserta didik. Apabila siswa terlihat malas ketika sedang mengikuti pelajaran, bangun kesadaran dalam diri anda bahwa bisa saja anda memiliki pola mengajar yang tidak menyenangkan.

Suasana mengajar yang menyenangkan adalah salah satu faktor yang bisa menjadikan para peserta didik lebih menikmati mata pelajaran, sehingga mereka (para siswa/i) akan lebih semangat mengikuti mata pelajaran dari awal hingga selesai.

Menerapkan pola mengajar yang menyenangkan pun akan membuat siswa lebih menghormati dan menghargai anda, sehingga kedepannya guru tidak terlalu sulit untuk menentukan cara mengatasi siswa yang tidak mencerna anda beberapa menit sebelum mengajar dikelas

2. Ciptakan Suasana Kelas Yang Kondusif
Seorang guru, harus bisa berusaha membuat suasana belajar-mengajar yang kondusif di kelas, namun suasana kelas bisa berubah menjadi gaduh dan ribut dikarenakan ada salah satu siswa yang berbuat ulah. Suasana kelas yang kondusif sangat menentukan nyaman atau tidaknya aktivitas belajar mengajar. Siswa cenderung lebih mudah memahami materi yang sedang diajarkan jika suasana kelas benar-benar tenang dan nyaman. Dan menjadi lebih baik jika didukung dengan pola mengajar yang menyenangkan pula.

3. Hindari Menyindir Peserta Didik
Dengan Kalimat "Sikap Malas Akan Membuatmu Gagal Meraih Sukses" Salah satu faktor siswa yang malas belajar bukan berarti siswa yang tidak akan meraih sukses di masa depan. Akan tetapi seorang pendidik harus menyadari bahwa kemalasan bukanlah sebuah sifat yang permanen serta tidak menentukan kesuksesan atau kegagalan seseorang di masa mendatang.

Ketika melakukan sindiran terhadap siswa yang malas belajar justru bisa menciptakan kesan buruk terhadap anda sebagai guru di mata siswa. Siswa sekolah sebagai peserta didik berada di rentang usia yang belum bisa memahami secara sepenuhnya informasi yang mereka terima. Dan ketika mereka "di doktrin" dengan berbagai ironi tentang sikap malas, justru hal tersebut bisa menciptakan pemahaman baru dalam pikiran mereka. Yang mana pemahaman baru tersebut akan menciptakan pertentangan dahsyat jika tidak disikapi dengan baik.

4. Pastikan Sekolah Minim Dari Tindakan Bullying
Bullying atau pelecehan yang terjadi di kalangan siswa sekolah adalah sebuah isu yang tidak akan pernah berakhir sampai kapanpun. Sebab bullying akan tetap terjadi dalam berbagai bentuk, terjadi setiap saat dan memiliki komposisi akibat yang beragam pula.

Bullying tidak hanya berbentuk kekerasan, namun juga pelecehan dalam bentuk verbal (dan ini justru harus lebih diwaspadai).Bullying terselubung dalam bentuk verbal (lisan serta tulisan) justru lebih berbahaya daripada pelecehan berbentuk fisik. Alasannya jenis pelecehan seperti ini bisa dilakukan kapan saja, dimana saja tanpa diketahui siswa lain, guru dan orang tua.

Maka dari itu kami menekankan sekali lagi bahwa jika anda sebagai guru menginginkan peserta didik tidak malas belajar, ciptakanlah suasana sekolah yang minim dari bullying, sebab bullying tidak bisa dihilangkan. Selain itu pastikan juga bahwa anda sebagai guru tidak melakukan bullying, baik secara sengaja maupun tidak di sengaja. Melihat kembali poin ke-3 yang kami sebutkan sebelumnya merupakan salah satu tindakan bahwa anda tidak melakukan pelecehan terhadap siswa didik.

5. Mengacak Posisi dan Pasangan Duduk Peserta Didik
Anda mungkin akan terkejut dengan poin terakhir ini. Tapi cobalah anda mengesampingkan sejenak "kedudukan" anda sebagai seorang guru, kemudian menempatkan diri sebagai peserta didik. kita sendiri sering merasakan sendiri secara langsung bahwa posisi dan pasangan duduk yang di acak dari waktu ke waktu mampu melatih kami untuk beradaptasi secara lebih baik. Tips ke-5 ini pun mampu membantu kami lebih mengenal teman lain (terutama teman yang belum akrab), memahami karakter rekan sekelas serta bisa mendapatkan beragam ide positif yang mendorong kami memiliki semangat belajar yang lebih besar.

Bahkan ada sebuah momen yang benar-benar membakar semangat belajar kami, yakni ketika duduk sebangku dengan "sang bintang" yang diidolakan rekan-rekan lainnya. Saat duduk sebangku dengan "tokoh favorit" tersebut, kami menjadi "ja-im", tetapi dibalik sikap jaim tersebut kami benar-benar berubah menjadi siswa yang fokus sekaligus semangat mengikuti pelajaran. Alasannya jelas, supaya bisa menarik perhatian "sang idola". Mungkin motivasi dan semangat tersebut terkesan sepele, tapi jika dilakukan secara rutin, kemalasan tersebut akan luntur dan bertransformasi menjadi semangat belajar yang menggebu-gebu.

Demikianlah 5 tips mengatasi siswa yang malas belajar ini kami tulis. mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan penyampaian informasi dalam artikel ini. Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, semoga artikel ini bisa menambah pundi-pundi wawasan, pengalaman dan inspirasi untuk kita semua. Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Menghadapi Siswa malas di kelas "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel