Faktor keberhasilan Kepala Sekolah

Faktor keberhasilan Kepala Sekolah yang Efektif
Faktor keberhasilan Kepala Sekolah yang Efektif
Prakarya.guruindonesia.id -Dalam penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas berkaitan dengan keberhasilan dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme seorang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tanpa mengabaikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan prasarana serta pembiayaan. adapun Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya dan peran sangat signifikan dalam meningkatkan profesionalisme guru serta mutu pendidikan di lingkungan sekolah.


Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sangat mempengaruhi dalam Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan, Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, untuk itu kepala sekolah harus bisa membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan pendidikan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi.

 
Pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien, guna menciptakan sekolah yang efektif dan efisien, membutukan sosok kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di tingkatan sekolah dan ujung tombak utama dalam pengelolaan pendidikan serta mampu memegang tugas dan bertanggung jawab dalam memajukan sekolah 
 
Faktor penghambat tercapainya kualitas keprofesionalan kepemimpinan kepala sekolah seperti dalam proses pengangkatannya yang tidak terrbuka, rendahnya mental kepala sekolah yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan semangat serta tidak disiplin dalam melakukan tugas, seringnya datang terlambat, wawasan kepala sekolah yang masih sempit , serta banyak faktor penghambat lainnya sehingga menghambat tumbuhnya kepala sekolah yang professional dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Ini mengimplikasikan rendahnya produktivitas kerja kepala sekolah yang berimbas pada mutu (input, proses, dan output) 

Berdasarkan hasil studi yang telah dilakukannya, Southern Regional Education Board (SREB) telah mengidentifikasi Faktor-faktor kritis terkait dengan keberhasilan kepala sekolah dalam mengembangkan prestasi belajar siswa.Ketigabelas faktor tersebut adalah:
 
  1. Menciptakan misi yang terfokus pada upaya peningkatan prestasi belajar siswa, melalui praktik kurikulum dan pembelajaran yang memungkinkan terciptanya peningkatan prestasi belajar siswa.
  2. Ekspektasi yang tinggi bagi semua siswa dalam mempelajari bahan pelajaran pada level yang lebih tinggi.
  3. Menghargai dan mendorong implementasi praktik pembelajaran yang baik, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar siswa.
  4. Memahami bagaimana memimpin organisasi sekolah, dimana seluruh guru dan staf dapat memahami dan peduli terhadap siswanya.
  5. Memanfaatkan data untuk memprakarsai upaya peningkatan prestasi belajar siswa dan praktik pendidikan di sekolah maupun di kelas secara terus menerus.
  6. Menjaga agar setiap orang dapat memfokuskan pada prestasi belajar siswa.
  7. Menjadikan para orang tua sebagai mitra dan membangun kolaborasi untuk kepentingan pendidikan siswa.
  8. Memahami proses perubahan dan memiliki kepemimpinan untuk dapat mengelola dan memfasilitasi perubahan tersebut secara efektif.
  9. Memahami bagaimana orang dewasa belajar (baca: guru dan staf) serta mengetahui bagaimana upaya meningkatkan perubahan yang bermakna sehingga terbentuk kualitas pengembangan profesi secara berkelanjutan untuk kepentingan siswa.
  10. Memanfaatkan dan mengelola waktu untuk mencapai tujuan dan sasaran peningkatan sekolah melalui cara-cara yang inovatif.
  11. Memperoleh dan memanfaatkan berbagai sumber daya secara bijak.
  12. Mencari dan memperoleh dukungan dari pemerintah, tokoh masyarakat dan orang tua untuk berbagai agenda peningkatan sekolah.
  13. Belajar secara terus menerus dan bekerja sama dengan rekan sejawat untuk mengembangkan riset baru dan berbagai praktik pendidikan yang telah terbukti.
Sumber:
adaptasi dari : The Principal Internship:How Can We Get It Right? sreb.org

Belum ada Komentar untuk "Faktor keberhasilan Kepala Sekolah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel