RPP Prakarya kelas VIII aspek kerajinan semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017


RPP Prakarya kelas VIII aspek kerajinan semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017
RPP Prakarya kelas VIII aspek kerajinan semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017
prakarya.guruindonesia.id -Penerapan Kurikulum 2013 sesuai dengan Revisi 2017, termasuk Mata pelajaran Prakarya, pada dasarnya disuguhkan kembali kepada budaya lokal daerah masing-masing tentang bagaimana cara membuat sebuah kerajinan, rekayasa, budi daya dan pengolahan, namun demikian dengan adanya mata pelajaran prakarya tentunya kita sadar bahwa kebudayaan dan tradisi di Indonesia begitu beraneka ragam dan dalam mata pelajaran prakarya itu sendiri bisa mengenal hal-hal yang baik kepada peserta didik untuk serta mengenang kembali budaya-budaya luhur yang pernah dikebangan oleh para leluhur.

Pada lingkup mata pelajaran prakarya untuk Tingkat SMP/MTs kelas IX itu sendiri ada 4 aspek, diantaranya aspek Kerajinan, aspek Rekayasa, aspek Budidaya dan aspek Pengolahan. Ke empat aspek tersebut diharapkan para peserta didik mampu untuk membuat dan mengembangkan produk-produk kreatif yang memanfaatkan potensi alam sekitar. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Prakarya Kelas VIII Aspek Kerajinan semester I kurikulum 2013 revisi 2017 Merupakan perangkat untuk mengajar yang diharapkan setiap Bapak atau Ibu Guru dismaping salah satu aturan untuk melengkapi administrasi guru juga sebagai acuan dalam mengajar pelajaran prakarya.  

Prakarya Kelas VIII Aspek Kerajinan semester I kurikulum 2013 revisi 2017  berfungsi untuk persiapan materi yang akan di ajarkan di kelas. Membuat perangkat mengajar juga merupakan bukti kesungguhan bagi tenaga pendidik khususnya para guru akan komitmennya sebagai tenaga pengajar di sekolah.

Adapun Tujuan pembelajaran prakarya dankewirausahaan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) guna menambah wawasan dan pengetahuan siswa dalam hal mengasah kekreatifan dan inovatif serta memplajari kerajinan kerajinan yang pernah berkembang di Indonesia. Sehingga maksud dan tujuan dari mata pelajaran Prakarya tersebut adalah:
  1. Dapat Memfasilitasi peserta didik mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya berbasis teknologi tepat guna dan seni, baik tradisional maupun modern, serta alami maupun artifisal.
  2. Dapat Membina pesertadidik yang kritis terhadap kemajuan seni dan teknologis serta mampu memanfaatkan karya kearifan lokal sebagai dasar pengembangan pribadi yang berkarakter Indonesia, cerdas dan humanis.
  3. Dapat Melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetis, ergonomis, ekosistem dan teknologis melalui pembelajaran kemampuan mencipta, merekonstruksi dan menyajikan secara oral dan produk karya seni yang teknologis dan ataupun teknologi yang berbasis seni (ergonomis).
  4. Dapat Melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip ergonomis, hygienis, tepat-cekat-cepat, ekosistemik dan metakognitif.
  5. Dapat Menghasilkan karya jadi maupun apresiatif yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan, maupun bersifat wawasan dan landasan pengembangan apropriatif terhadap teknologi terbarukan dan teknologi kearifan lokal yang mendasarkan pada pemikiran efisiensi berupa ekosistem, dan marketable berupa keindahan dan mass pruction.
Prakarya Kelas VIII Aspek Kerajinan semester I kurikulum 2013 revisi 2017,  sudah beberapa kali dilakukan perubahan atau revisi sesuai dengan permendikbud, mulai  dari pergantian buku pegangan dan lain sebagainya, hal tersebut membuat para guru kewalahan untuk mengimplemntasikan revisi, adapun revisi terakir dengan mengunakan kurikulum 2013 revisi 2017 didalam nya terdapat istilah PK, Literasi, 4c dan Hots, Bagi para guru yang ingin mendapatkan RPP Prakarya Aspek Kerajinan Kelas VIII Kurikulum 2013 revisi 2017 Versi Microsoft Word silahkan Downlod Link Dibawah 

Belum ada Komentar untuk "RPP Prakarya kelas VIII aspek kerajinan semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel